Lembar Kerja Siswa (LKS)
“FAKTOR
SEKUTU”
A. Standar Kompetensi
1.1 Melakukan
Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam Pemecahan Masalah.
B. Kompetensi Dasar
1.2
Menggunakan Faktor Prima Untuk Melakukan KPK dan FPB
C. Tujuan
1. Siswa
mampu menggunakan media papan faktor.
2. Siswa
mampu mengoperasikan KPK dan FPB dengan menggunakan media papan faktor.
3. Siswa
mampu mengoperasikan KPK dan FPB dengan soal cerita.
D. Materi
FPB
atau Faktor Persekutuan Terbesar dapat diartikan sebagai bilangan bulat positif
yang memiliki nilai terbesar. Contoh
Soal :
Carilah FPB dari 6, 9, dan 18.
Pembahasan:
Faktor dari 6 adalah = {1, 2, 3, 6}
Faktor dari 9 adalah = {1, 3, 9}
Faktor dari 18 adalah = {1, 2, 3, 6,
9, 18}
Faktor persekutuan dari ketiga
bilangan tersebut adalah 1, 2, 3. Nilai terbesar dari faktor tersebut adalah 3,
maka FPB dari 6, 9, dan 18 adalah 3.
KPK
atau Kelipatan Persekutuan Terkecil adalah bilangan bulat positif dengan nilai
terkecil. Contoh Soal :
Tentukan KPK dari 6 dan 9
Pembahasan:
Kelipatan dari 6 adalah= {6, 12, 18,
24, 30, 36, 42, 48,..}
Kelipatan dari 9 adalah= {9, 18, 27,
36, 45, 54, 63, 72,...}
Kelipatan yang sama dari kedua
bilangan tersebut adalah 18 maka KPK dari 6 dan 9 adalah 18.
E. Alat dan Bahan
1. Media
papan faktor yang telah disediakan oleh guru.
2. Alat
tulis
3. Lembar
kerja.
F. Langkah Kerja :
1. Siapkan
alat dan bahan
2. Tunjuk
salah satu teman dari kelompokmu sebagai ketua kelompok
3.
Ketua kelompok atau dua orang
anggota kelompok maju sebagai perwakilan menggunakan media yang telah
disediakan untuk menemukan
angka yang akan dioperasikan (ambil didalam kantong angka)
4. Setelah
perwakilan kelompok menemukan angka yang akan di faktorkan, maka semua anggota
kelompok ikut membantu menyelesaikan pengoperasian angka tersebut.
5.
Pasangkan
kartu angka tersebut kedalam kantong kecil yang berfungsi sebagai penempatan
kartu angka.
6.
Jika
perwakilan kelompok sudah mengetahui dan menentukan angka kelipatan, maka siswa
dapat dengan langsung mengambil dan memasangkan stik ke dalam kantong yang
telah diberi label angka. (kegiatan
dilakukan berulang sesuai dengan angka kelipatan yang ditentukan)
7.
Dalam
pemasangan stik tersebut diusahakan ada perbedaan warna antara stik pertama dan
selanjutnya.
8.
Hasil
akan terlihat ketika dalam kantong faktor terdapat dua atau lebih stik yang
berada didalamnya.
Nama
kelompok :
1.
2.
3.
4.
|
5.
6.
7.
8.
|
No
|
Kelompok
|
Angka
faktor
|
1
2
3
4
5
6
|
Kelompok 1
Kelompok 2
Kelompok 3
Kelompok 4
Kelompok 5
Kelompok 6
|
Tentukan KPK dari 5 dan
15.
Tentukan FPB dari 15 dan
5.
Tentukan KPK dari 4, 12 dan
16.
Tentukan FPB dari 40 dan
20.
Tentukan FPB dari 25, 30
dan 35.
Tentukan KPK dari 16,
24, dan 48
|
Jawaban
Selamat mengerjakan!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar