Selasa, 05 Januari 2016

BELAJAR MEMBUAT LKS MATEMATIKA UNTUK PENELITIAN



Lembar Kerja Siswa (LKS)
FAKTOR SEKUTU”
A.  Standar Kompetensi
1.1  Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam Pemecahan Masalah.
B.  Kompetensi Dasar
1.2 Menggunakan Faktor Prima Untuk Melakukan KPK dan FPB
C.  Tujuan
1.     Siswa mampu menggunakan media papan faktor.
2.    Siswa mampu mengoperasikan KPK dan FPB dengan menggunakan media papan faktor.
3.    Siswa mampu mengoperasikan KPK dan FPB dengan soal cerita.
D.  Materi
     FPB atau Faktor Persekutuan Terbesar dapat diartikan sebagai bilangan bulat positif yang memiliki nilai terbesar. Contoh Soal :
Carilah FPB dari 6, 9, dan 18.
Pembahasan:
Faktor dari 6  adalah = {1, 2, 3, 6}
Faktor dari 9  adalah = {1, 3, 9}
Faktor dari 18 adalah = {1, 2, 3, 6, 9, 18}
Faktor persekutuan dari ketiga bilangan tersebut adalah 1, 2, 3. Nilai terbesar dari faktor tersebut adalah 3, maka FPB dari 6, 9, dan 18 adalah 3.
     KPK atau Kelipatan Persekutuan Terkecil adalah bilangan bulat positif dengan nilai terkecil. Contoh Soal :
Tentukan KPK dari 6 dan 9
Pembahasan:
Kelipatan dari 6 adalah= {6, 12, 18, 24, 30, 36, 42, 48,..}
Kelipatan dari 9 adalah= {9, 18, 27, 36, 45, 54, 63, 72,...}
Kelipatan yang sama dari kedua bilangan tersebut adalah 18 maka KPK dari 6 dan 9 adalah 18.
E.  Alat dan Bahan
1.     Media papan faktor yang telah disediakan oleh guru.
2.    Alat tulis
3.    Lembar kerja.
F.  Langkah Kerja :
1.     Siapkan alat dan bahan
2.    Tunjuk salah satu teman dari kelompokmu sebagai ketua kelompok
3.    Ketua kelompok atau dua orang anggota kelompok maju sebagai perwakilan menggunakan media yang telah disediakan untuk menemukan angka yang akan dioperasikan (ambil didalam kantong angka)
4.    Setelah perwakilan kelompok menemukan angka yang akan di faktorkan, maka semua anggota kelompok ikut membantu menyelesaikan pengoperasian angka tersebut.
5.    Pasangkan kartu angka tersebut kedalam kantong kecil yang berfungsi sebagai penempatan kartu angka.
6.    Jika perwakilan kelompok sudah mengetahui dan menentukan angka kelipatan, maka siswa dapat dengan langsung mengambil dan memasangkan stik ke dalam kantong yang telah diberi label angka.  (kegiatan dilakukan berulang sesuai dengan angka kelipatan yang ditentukan)
7.    Dalam pemasangan stik tersebut diusahakan ada perbedaan warna antara stik pertama dan selanjutnya. 
8.    Hasil akan terlihat ketika dalam kantong faktor terdapat dua atau lebih stik yang berada didalamnya.


Nama kelompok                    :
1.      
2.     
3.     
4.     
5.     
6.     
7.     
8.     


No
Kelompok
Angka faktor
1
2
3
4
5
6
Kelompok 1
Kelompok 2
Kelompok 3
Kelompok 4
Kelompok 5
Kelompok 6
Tentukan KPK dari 5 dan 15.
Tentukan FPB dari 15 dan 5.
Tentukan KPK dari 4, 12 dan 16.
Tentukan FPB dari 40 dan 20.
Tentukan FPB dari 25, 30 dan 35.
Tentukan KPK dari 16, 24, dan 48

Jawaban












Selamat mengerjakan! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar