SILABUS TEMATIK
NAMA SEKOLAH : SDN GARUDA 1
TEMA : LINGKUNGAN
TEMA : LINGKUNGAN
KELAS/SEMESTER : II/I
STANDAR KOMPETENSI
BAHASAINDONESIA : Mengungkapkan
pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan
melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi.
IPA : Memahami kndisi lingkungan yang berpengaruh terhadap
kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.
PKn :
Menampilkan sikap cinta lingkungan.
MATEMATIKA : Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam
pemecahan masalah.
IPS :
Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan
lingkungan tetangga.
KOMPETENSI
DASAR
BAHASA INDONESIA :
Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah
dipahami orang lain.
IPA : Mengenal
bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui
pengamatan.
PKn : Melaksanakan
pemeliharaan lingkungan alam.
MATEMATIKA :
Menggunakan
alat ukur waktu dengan satuan jam.
IPS : Memberi
contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga.
No
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
BAHASA INDONESIA
|
Mengidentifikasi
gambar seri
|
1. Menceritakan
gambar seri secara urut kegiatan sehari-hari dalam lingkungan keluarga.
|
2jp
|
Gambar.
|
|
2
|
IPA
|
Mengidentifikasi dan mengamati bagian-bagian tumbuhan serta cara
merawatnya.
|
1. Menyebutkan
salah satu bagian tumbuhan dan kegunaan.
2. Mendemonstrasikan
cara merawat tumbuhan.
|
2jp
|
Modul, Lingkungan sekitar
rumah dan sekolah.
|
|
3
|
PKn
|
Mengamati dan
mendeskripsikan lingkungan alam.
|
1.
Menyebutkan pengertian
lingkungan alam.
2.
Mengidentifikasi lingkungan
alam.
|
3jp
|
Lingkungansekitar
rumah
|
|
4
|
MATEMATIKA
|
Mendeskripsikan jam
yang menunjukan waktu tepat
|
1. Membaca
jam yang menunjukkan waktu tepat.
|
4jp
|
Modul, Jam
|
|
5
|
IPS
|
1. Mengamati
video yang berisi tentang sifat-sifat dan bentuk-bentuk kerjasama
dilingkungan.
2. Mengidentifikasi
sifat-sifat dan bentuk-bentuk kerjasama dilingkungan.
|
1.
Menyebutkan
bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan.
2.
Menyebutkan sifat-sifat
yang baik dalam hidup bermasyarakat.
|
3jp
|
Lingkungansekitar
|
SILABUS TEMATIK
NAMA SEKOLAH : SDN GARUDA 1
TEMA : TUGASKU SEHARI-HARI
KELAS/SEMESTER :
II/I
STANDAR KOMPETENSI
BAHASAINDONESIA : Mengungkapkan
pikiran, perasaan dan pengalamansecara lisan melalui kegiatan bertanya,
berceritaa dan deklamasi.
IPA : Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta
perubahan wujud yang dapat dialaminya.
PKn :
Membiasakan hidup gotong royong.
MATEMATIKA :
Melakukan penjumlahan dan penguranagan bilangan sampai 500.
IPS : Memahami peristiwa
penting dalam keluarga secara kronologis.
KOMPETENSI
DASAR
BAHASA INDONESIA : Bertanya kepada orang lain dalam menggunakan pilihan kata
yang tepat dan santun dalam berbahasa.
IPA : Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada
di sekitar.
PKn : Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan
tolong menolong.
MATEMATIKA : Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan.
IPS : Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.
No
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
BAHASA INDONESIA
|
1. Menyebutkan
bentuk kalimat tanya dengan pilihan kata yang tepat.
2. Mensimulasikan
bentuk kalimat tanya melalui kegiatan sehari-hari.
|
1. Menanyakan kalimat tanya untuk menanyakan kepada orang yang belum dikenal
dengan pilihan kata yang tepat
2.
Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari dengan teman sekelas.
|
2jp
|
Buku bahasa Indonesia
kelas II
|
|
2
|
IPA
|
Mengidentifikasi
jenis benda padat dan benda cair yang ada di lingkungan sekitar.
|
1.
Menunjukkan beragam jenis benda padat dan benda cair yang ada di sekitar.
2.
Membedakan ciri benda padat dan benda cair.
|
2jp
|
Lingkungan sekitar
|
|
3
|
PKn
|
Mendeskripsikan sikap
tolong menolong dan saling berbagi rasa.
|
1.
Memberikan contoh tolong menolong dan saling berbagi rasa, baik di
lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
|
3jp
|
Lingkungan sekitar
|
|
4
|
MATEMATIKA
|
Mencontohkan
dan menyebutkan angka yang terdapat nilai ratusan, puluhan, dan satuan.
|
1.
Menentukan nilai tempat sampai ratusan.
2.
Membedakan nilai tempat antara ratusan, puluhan dan satuan.
|
4jp
|
Buku Matematika kelas
II
|
|
5
|
IPS
|
Menyebutkan dokumen
koleksi dan benda penting keluarga.
|
1.
Cara memelihara dokumen koleksi dan benda penting keluarga.
|
3jp
|
Buku IPS kelas II
|
SILABUS TEMATIK
NAMA SEKOLAH : SDN GARUDA 1
TEMA : AKU DAN SEKOLAHKU
KELAS/SEMESTER : II/I
STANDAR
KOMPETENSI
BHS
INDONESIA : Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
IPA : Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan,
pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
PKn : Membiasakan hidup bergotong royong.
MATEMATIKA : Mengenal unsur-unsur bangun datar.
IPS : Memahami peristiwa
penting dalam keluarga ssecara
kronologis.
KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA : Mendeskripsikan isi
puisi.
IPA :
Mengenal
bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
PKn : Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
MATEMATIKA : Mengenal sisi-sisi
bangun datar.
IPS :
Memanfaatkan
dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.
No
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
BAHASA INDONESIA
|
Membuat karangan puisi dan membacanya dengan
mengekspresikan dan mimik yang tepat.
|
1. Menjelaskan
makna yang terkandung di dalam puisi.
2. Membaca puisi anak dan mengekspresikannya dalam Serak dan mimik yang tepat.
|
2jp
|
Karangan puisi
|
|
2
|
IPA
|
Megidentifikasi hewan dan tumbuhan yang ada di
sekitar rumah dan sekolah.
|
1.
Menyebutkan hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar rumah dan sekolah.
2.
Menjelaskan bagian-bagian hewan dan tumbuhan yang ada di sekolah
|
2jp
|
Lingkungan sekitar
|
|
3
|
PKn
|
Mencontohkan sikap hidup rukun saling berbagi dan
tolong menolong.
|
1.
Menjelaskan arti penting hidup rukun saling berbagi
dan tolong-menolong.
2.
Menyebutkan manfaat hidup rukun, saling berbagi dan
tolong menolong.
|
3jp
|
Lingkungan sekitar
|
|
4
|
MATEMATIKA
|
1. Mencontohlan
bentuk bangun datar sederhana yang ada di lingkungan sekitar.
2. Mendeskripsikan
sifat-sifat bangun datar.
|
3.
Menemukan bangun-bangun datar sederhana yang ada di
sekitar.
4.
Mengelompokkan bangun-bangun datar sederhana yang
mempunyai jumlah sisi sama.
5.
Menyebutkan nama bangun datar yang sudah
dikelompokkan.
|
4jp
|
Modul/ buku matematika kelas II, dan Lingkungan
sekitar
|
|
5
|
IPS
|
Menjelaskan peristiwa yang berkesan melalui
dokumen dan benda berharga.
|
1. Mengidentifikasi dokumen
dan benda berharga yang
mengandung peristia berkesan.
2. Menceritakan
peristiwa yang berkesan melalui dokumen dan benda berharga.
|
3jp
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar