1. Pendekatan
Pembelajaran IPA di dalam Kelas
Salah satu pendekatan dalam
pembelajaran IPA adalah CTL (contextual teaching and learning). Penerapan
pendekatan CTL di dalam kelas secara umum adalah sebagai berikut:
a.
Construtivisme
b.
Inquiri (penemuan)
c.
Questioning (bertanya)
d.
Learning comuniti (pengelompokan
belajar)
e.
Modeling (media)
f.
Reflction (rangsangan)
g.
Authentic assessment (penilaian nyata)
atau penilaian langsung
Adapun
ciri-ciri pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL adalah sebagai berikut
:
a.
Kerja sama
b.
Saling menunjang
c.
Menyenangkan
d.
Belajar dengan bergairah
e.
Pembelajaran terintegrasi
f.
Menggunakan berbagai sumber belajar
g.
Siswa aktif
h.
Sharing dengan teman
i.
Siswa kritis guru kreatif
j.
Dinding kelas penuh dengan karya siswa
2. Model
Pembelajaran IPA di dalam Kelas
Banyak model dan strategi
pengajaran yang berasosiasi dengan CTL diantaranya adalah sebagai berikut :
a.
CBSA
b.
Pendekatan keterampilan proses
c.
Life skill education
d.
Authention intruksional (pembelajaran
basis nyata)
e.
Inquiri (pembelajaran berbasis penemuan)
f.
Problem-based learning (pembelajaran
berbasis masalah)
g.
Cooperative learning (pembelajaran
kopratif)
h.
Servis learning (pembelajaran layanan)
3. Metode
Pembelajaran IPA di dalam Kelas
Metode
adalah cara yang digunakan oleh guru untuk mengaplikasikan strategi belajar
yang sudah ditentukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Berikut
ini adalah beberapa metode pembelajaran IPA di SD :
a.
Metode
Diskusi
Metode diskusi adalah metode dimana
guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, kemudian memberikan suatu persoalan
atau masalah untuk dipecahkan secara bersama-sama dengan teman satu
kelompoknya.
b.
Metode
Demonstrasi
Metode demonstrasi adalah metode
mengajar yang digunakan guru dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas
suatu pengertian ataupun konsep-konsep IPA kepada siswa. Metode mengajar yang
seperti ini sangat disukai oleh siswa karena adanya pergerakan pada proses
belajar-mengajar.
c.
Metode
Tanya Jawab
Metode Tanya jawab adalah cara
penyajian bahan ajar dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang memerlukan jawaban
untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
d.
Metode
Ceramah
Metode ceramah merupakan cara
mengajar yang paling tradisional dan tidak asing lagi dan telah lama dijalankan
dalam sejarah pendidikan. Cara ini kadang membosankan, maka dalam
pelaksanaannya memerlukan keterampilan tertentu, agar penyajiannya tidak
membosankan dan dapat menarik perhatian siswa.
e.
Metode
Eskperimen
Metode pembelajaran eksperimen
adalah cara pengelolaan pembelajaran dimana siswa melakukan aktivitas percobaan
dengan mengalami dan membuktikan sendiri konsep IPA yang dipelajarinya.
f.
Metode
Study Tour
Metode ini adalah metode mengajar
dengan mengajak peserta didik mengunjungi suatu objek guna memperluas
pengetahuan dan selanjutnya peserta didik membuat laporan dan mendiskusikan
serta membukukan hasil kunjungan dengan didampingi oleh pendidik.
g.
Metode
Resitasi
Metode pembelajaran resitasi adalah
metode pengajaran dengan mengharuskan siswa membuat resume dengan kalimat
sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar