Senin, 04 Januari 2016

PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN IPA




1.    Pendekatan Pembelajaran IPA di dalam Kelas
Salah satu pendekatan dalam pembelajaran IPA adalah CTL (contextual teaching and learning). Penerapan pendekatan CTL di dalam kelas secara umum adalah sebagai berikut:
a.       Construtivisme
b.      Inquiri (penemuan)
c.       Questioning (bertanya)
d.      Learning comuniti (pengelompokan belajar)
e.       Modeling (media)
f.       Reflction (rangsangan)
g.      Authentic assessment (penilaian nyata) atau penilaian langsung
Adapun ciri-ciri pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL adalah sebagai berikut :
a.       Kerja sama
b.      Saling menunjang
c.       Menyenangkan
d.      Belajar dengan bergairah
e.       Pembelajaran terintegrasi
f.       Menggunakan berbagai sumber belajar
g.      Siswa aktif
h.      Sharing dengan teman
i.        Siswa kritis guru kreatif
j.        Dinding kelas penuh dengan karya siswa
2.      Model Pembelajaran IPA di dalam Kelas
Banyak model dan strategi pengajaran yang berasosiasi dengan CTL diantaranya adalah sebagai berikut :
a.       CBSA
b.      Pendekatan keterampilan proses
c.       Life skill education
d.      Authention intruksional (pembelajaran basis nyata)
e.       Inquiri (pembelajaran berbasis penemuan)
f.       Problem-based learning (pembelajaran berbasis masalah)
g.      Cooperative learning (pembelajaran kopratif)
h.      Servis learning (pembelajaran layanan)
3.      Metode Pembelajaran IPA di dalam Kelas
Metode adalah cara yang digunakan oleh guru untuk mengaplikasikan strategi belajar yang sudah ditentukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Berikut ini adalah beberapa metode pembelajaran IPA di SD :
a.       Metode Diskusi
Metode diskusi adalah metode dimana guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, kemudian memberikan suatu persoalan atau masalah untuk dipecahkan secara bersama-sama dengan teman satu kelompoknya.
b.      Metode Demonstrasi
Metode demonstrasi adalah metode mengajar yang digunakan guru dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian ataupun konsep-konsep IPA kepada siswa. Metode mengajar yang seperti ini sangat disukai oleh siswa karena adanya pergerakan pada proses belajar-mengajar.
c.       Metode Tanya Jawab
Metode Tanya jawab adalah cara penyajian bahan ajar dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang memerlukan jawaban untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
d.      Metode Ceramah
Metode ceramah merupakan cara mengajar yang paling tradisional dan tidak asing lagi dan telah lama dijalankan dalam sejarah pendidikan. Cara ini kadang membosankan, maka dalam pelaksanaannya memerlukan keterampilan tertentu, agar penyajiannya tidak membosankan dan dapat menarik perhatian siswa.
e.       Metode Eskperimen
Metode pembelajaran eksperimen adalah cara pengelolaan pembelajaran dimana siswa melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri konsep IPA yang dipelajarinya.
f.       Metode Study Tour  
Metode ini adalah metode mengajar dengan mengajak peserta didik mengunjungi suatu objek guna memperluas pengetahuan dan selanjutnya peserta didik membuat laporan dan mendiskusikan serta membukukan hasil kunjungan dengan didampingi oleh pendidik.
g.      Metode Resitasi
Metode pembelajaran resitasi adalah metode pengajaran dengan mengharuskan siswa membuat resume dengan kalimat sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar