Selasa, 05 Januari 2016

RPP PENELITIAN PADA MATAPELAJARAN MATEMATIKA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                       : SDN KRAGILAN 1
Kelas/Semester                      : V . C/ I (Satu)
Mata Pelajaran                      : Matematika
Materi Pokok                         : KPK dan FPB
Alokasi Waktu                       : 1 x 90 Menit

A.    Standar Kompetensi
1.1  Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam Pemecahan Masalah

B.     Kompetensi Dasar
1.2  Menggunakan Faktor Prima Untuk Melakukan KPK dan FPB

C.    Indikator
1.    Menjelaskan pengertian Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB).
2.    Menjelaskan cara menentukan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB).
3.    Menentukan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB).

D.    Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah siswa membaca buku siswa dapat menjelaskan yang dimaksud dengan KPK dan FPB
2.    Setelah siswa mendengarkan penjelasan dari guru mengenai materi KPK dan FPB, siswa dapat menjelaskan cara menentukan KPK dan FPB.
3.    Setelah siswa mengetahui cara menentukan KPK dan FPB, siswa mampu menentukan KPK dan FPB dengan menggunakan alat peraga .


E.  Materi Pembelajaran
     KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar)

F.   Metode dan Model Pembelajaran
1.      Metode             : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan.
2.      Model               : Kooperatif Tipe NHT.

G.  Media (Alat Peraga) dan Sumber Belajar
1.      Alat Peraga                   : Papan Faktor
2.      Modul                           : Buku Sekutu (terlampir)

H.  Langkah-Langkah Pembelajaran
No
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
1)   Guru mengucapkan salam dan menyapa siswa.
2)    Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa sebelum kegiatan pembelajaran.
3)    Guru mengecek kehadiran siswa.
4)    Guru mengulas materi pada pertemuan sebelumnya. 
5)    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.

15 Menit

2.
Inti
1)      Guru membagikan kartu angka kepada setiap siswa.
2)      Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang, guru membagi kelompok tersebut secara heterogen.
3)      Guru memberikan test awal mengenai KPK dan FPB kepada masing-masing siswa, dikerjakannya secara individu.
4)      Guru membagikan modul/bahan ajar ke perwakilan setiap kelompok.
5)      Guru mengambil salah satu nomor dan memanggil angka yang dimiliki salah satu siswa yang tertera dalam kartu tersebut untuk menjelaskan apa yang mereka pahami mengenai KPK dan FPB.
6)      Guru menjelaskan kembali tentang materi KPK dan FPB dan cara menentukan KPK dan FPB tanpa menggunakan alat peraga atau media pembelajaran.
7)      Kemudian, hasil jawabannya dikumpulkan secara berkelompok. Lalu kelompok yang kertas jawabannya dipanggil maju ke depan untuk mempresentasikan hasil jawaban kelompoknya, kelompok yang lain memperhatikan kelompok yang sedang menjelaskan.
8)      Setelah semua kelompok mempresentasikan, lalu guru mengoreksi hasil jawabannya bersama-sama. Lalu nilai dari hasil jawaban masing-masing siswa dianggap untuk skor yang pertama.
9)      Selanjutnya guru menjelaskan meteri KPK dan FPB, dengan menggunakan alat peraga atau media pembelajaran.
10)  Selanjutnya guru menerangkan kepada siswa bagaimana cara menentukan KPK dan FPB dengan menggunakan alat peraga atau media tersebut.
11)  Guru mengambil kartu angka dan memanggil nomor tersebut  dan siswa maju kedepan untuk menjelaskan cara dan  mencoba menentukan KPK dan FPB dengan alat peraga atau media pembelajaran.
12)  Guru membimbing siswa dalam menentukan KPK dan FPB dengan alat peraga atau media pembelajaran.
13)  Setelah siswa memahami cara menentukan KPK dan FPB dengan alat peraga atau media pembelajaran, selanjutnya guru memerintah siswa untuk berdiskusi sesama teman kelompoknya.
14)  Guru membagikan lember post tes, kemudian siswa mengisi secara individu.
15)  Guru membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) Kepada siswa dan dikerjakan secara berkelompok.
16)  Guru mengoreksi Lembar Kerja Siswa secara bersama-sama, kemudian nilai dari LKS ini dianggap skor akhir dan nanti akan diakumulasikan dengan skor yang pertama untuk menjadi nilai kelompok.
17)  Untuk kelompok yang mendapatkan nilai tertinggi akan diberikan hadiah.










60 Menit
3.
Penutup
1)    Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan tentang materi KPK dan FPB.
2)    Guru memberikan penguatan mengenai materi KPK dan FPB.
3)    Guru menginformasikan materi pembelajaran yang akan datang.
4)    Guru memberikan penugas kepada siswa.
5)    Guru memberikan motivasi kepada siswa
6)    Guru meminta salah satu siswa untuk mempin doa sebelum diakhirinya pembelajran hari ini, kemudian memberikan salam.

15 Menit

I.     Evaluasi
1.      Penilaian Kognitif
No.
Indikator
Bentuk
Teknik
Instrument
Skor
1.
Menjelaskan pengertian Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB).

Essai
Tulis
1.      Apa yang dimaksud dengan  KPK dan FPB ?
20
2.
Menjelaskan cara menentukan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB).
Essai
Tulis
1.    Bagaimana cara menentukan KPK dan FPB ?
30
3.
Menentukan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)
Essai
Tulis
1.    Tentukan KPK dan FPB dari 4 dan 8.
50

Kunci Jawaban    :
1.    FPB atau Faktor Persekutuan Terbesar dapat diartikan sebagai bilangan bulat positif yang memiliki nilai terbesar yang dapat membagi habis dua buah bilangan atau lebih.
KPK atau Kelipatan Persekutuan Terkecil adalah bilangan bulat positif dengan nilai terkecil yang bisa habis bila dibagi dengan kedua bilangan atau lebih.
2.    Cara menentukan KPK dan FPB adalah dengan cara Faktor persekutuan yang merupakan bilangan faktor yang sama dari dua bilangan atau lebih. FPB diambil dari  faktor yang memiliki nilai terbesar, dan KPK dapat diambil dari kelipatan persekutuan yang nilai antara dua bilangan yang paling kecil.

3.    Tentukan KPK dari 4 dan 8.
a.    Menggunakan Faktorisasi
Jawab : 4= 1 x 2 x 2 x  4           {Faktorisasi}
              8= 1 x 2 x  4 x 8           {Faktorisasi}
Dilihat dari pembahasan tersebut terdapat dua angka yang sama, yaitu 2 dan 4.
Maka  KPK dari 4 dan 8 adalah 2 dan FPB dari 4 dan 8 adalah 4.

2.      Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Percaya Diri
Santun
Kerjasama
1

BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
2













3













4














Keterangan :
Berilah tanda ceklis (√) pada kolom kemampuan peserta didik.
BT  : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya

3.      Penilaian Psikomotor
Berilah tanda (√) pada kolom dibawah ini !
No
Nama
Komponen
Belum menguasai
Cukup
Sudah menguasai



1.       Siswa mampu menentukan KPK dari 4 dan 8.
2.       Siswa mampu menggunakan alat peraga yang disediakan





                                                                           Serang,    Oktober 2015

Mengetahui,
Kepala SDN Kragilan 1




JAMHURI, S.Pd, MM
NIP : 196504261988031008
Guru Metematika


 
Jamilatul Afiah
NIM : 2227130758

Tidak ada komentar:

Posting Komentar