RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SDN KRAGILAN 1
Kelas/Semester :
V . C/
I (Satu)
Mata Pelajaran :
Matematika
Materi Pokok :
KPK dan FPB
Alokasi Waktu : 1 x 90 Menit
A.
Standar
Kompetensi
1.1 Melakukan
Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam Pemecahan Masalah
B.
Kompetensi
Dasar
1.2 Menggunakan
Faktor Prima Untuk Melakukan KPK dan FPB
C.
Indikator
1. Menjelaskan
pengertian Kelipatan Persekutuan
Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB).
2. Menjelaskan cara menentukan
Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB).
3. Menentukan
Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB).
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah
siswa membaca buku siswa dapat menjelaskan yang dimaksud
dengan KPK dan FPB
2. Setelah siswa mendengarkan
penjelasan dari guru mengenai materi KPK dan FPB, siswa dapat menjelaskan cara
menentukan KPK dan FPB.
3. Setelah
siswa mengetahui cara menentukan KPK dan FPB, siswa mampu menentukan KPK dan
FPB dengan menggunakan alat peraga .
E.
Materi
Pembelajaran
KPK
(Kelipatan Persekutuan Terkecil) dan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar)
F.
Metode
dan Model Pembelajaran
1. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab,
Penugasan.
2. Model : Kooperatif Tipe NHT.
G.
Media (Alat Peraga) dan
Sumber Belajar
1.
Alat Peraga : Papan Faktor
2.
Modul :
Buku Sekutu (terlampir)
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
1) Guru
mengucapkan salam dan menyapa siswa.
2) Guru
meminta salah satu siswa untuk memimpin doa sebelum kegiatan pembelajaran.
3) Guru
mengecek kehadiran siswa.
4) Guru
mengulas materi pada pertemuan sebelumnya.
5) Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.
|
15
Menit
|
2.
|
Inti
|
1) Guru
membagikan kartu angka kepada setiap siswa.
2) Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok dan
masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang, guru membagi kelompok tersebut
secara heterogen.
3) Guru
memberikan test awal mengenai KPK dan FPB kepada masing-masing siswa,
dikerjakannya secara individu.
4) Guru membagikan modul/bahan ajar ke perwakilan
setiap kelompok.
5) Guru mengambil salah satu nomor dan memanggil angka
yang dimiliki salah satu siswa yang tertera dalam kartu tersebut untuk
menjelaskan apa yang mereka pahami mengenai KPK dan FPB.
6) Guru menjelaskan kembali tentang materi KPK
dan FPB dan cara menentukan KPK dan FPB tanpa menggunakan alat peraga atau
media pembelajaran.
7) Kemudian,
hasil jawabannya dikumpulkan secara berkelompok. Lalu kelompok yang kertas
jawabannya dipanggil maju ke depan untuk mempresentasikan hasil jawaban
kelompoknya, kelompok yang lain memperhatikan kelompok yang sedang
menjelaskan.
8) Setelah
semua kelompok mempresentasikan, lalu guru mengoreksi hasil jawabannya
bersama-sama. Lalu nilai dari hasil jawaban masing-masing siswa dianggap
untuk skor yang pertama.
9) Selanjutnya
guru menjelaskan meteri KPK
dan FPB, dengan menggunakan alat peraga atau media pembelajaran.
10) Selanjutnya
guru menerangkan kepada siswa bagaimana cara menentukan KPK dan FPB dengan
menggunakan alat peraga atau media tersebut.
11) Guru
mengambil kartu angka dan memanggil nomor
tersebut dan siswa maju kedepan untuk
menjelaskan cara dan mencoba menentukan KPK dan FPB dengan alat
peraga atau media pembelajaran.
12) Guru
membimbing siswa dalam menentukan KPK dan FPB dengan alat peraga atau media
pembelajaran.
13) Setelah
siswa memahami cara menentukan KPK dan FPB dengan alat peraga atau media
pembelajaran, selanjutnya guru memerintah siswa untuk berdiskusi sesama
teman kelompoknya.
14) Guru membagikan lember post tes, kemudian siswa
mengisi secara individu.
15) Guru
membagikan Lembar Kerja
Siswa (LKS) Kepada siswa dan dikerjakan secara berkelompok.
16) Guru
mengoreksi Lembar Kerja Siswa secara bersama-sama, kemudian nilai dari LKS
ini dianggap skor akhir dan nanti akan diakumulasikan dengan skor yang
pertama untuk menjadi nilai kelompok.
17) Untuk
kelompok yang mendapatkan nilai tertinggi akan diberikan hadiah.
|
60
Menit
|
3.
|
Penutup
|
1) Guru
mengajak siswa untuk menyimpulkan tentang
materi KPK dan FPB.
2) Guru
memberikan penguatan mengenai materi KPK dan FPB.
3) Guru menginformasikan
materi pembelajaran yang akan datang.
4) Guru
memberikan penugas kepada siswa.
5) Guru
memberikan motivasi kepada siswa
6) Guru meminta salah satu siswa untuk mempin
doa sebelum diakhirinya pembelajran hari ini, kemudian memberikan salam.
|
15
Menit
|
I.
Evaluasi
1.
Penilaian Kognitif
No.
|
Indikator
|
Bentuk
|
Teknik
|
Instrument
|
Skor
|
1.
|
Menjelaskan pengertian Kelipatan
Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB).
|
Essai
|
Tulis
|
1.
Apa yang
dimaksud dengan KPK dan FPB ?
|
20
|
2.
|
Menjelaskan cara menentukan Kelipatan
Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB).
|
Essai
|
Tulis
|
1.
Bagaimana
cara menentukan KPK dan FPB ?
|
30
|
3.
|
Menentukan
Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)
|
Essai
|
Tulis
|
1.
Tentukan
KPK dan FPB dari 4 dan 8.
|
50
|
Kunci Jawaban :
1.
FPB atau Faktor Persekutuan Terbesar dapat diartikan sebagai
bilangan bulat positif yang memiliki nilai terbesar yang dapat membagi habis
dua buah bilangan atau lebih.
KPK atau Kelipatan Persekutuan
Terkecil adalah bilangan bulat positif dengan nilai terkecil yang bisa habis
bila dibagi dengan kedua bilangan atau lebih.
2.
Cara menentukan
KPK dan FPB adalah dengan cara Faktor persekutuan yang merupakan bilangan faktor yang sama
dari dua bilangan atau lebih. FPB diambil dari faktor yang memiliki nilai
terbesar, dan KPK dapat diambil dari kelipatan persekutuan yang nilai antara dua bilangan yang paling
kecil.
3.
Tentukan KPK dari 4 dan 8.
a.
Menggunakan Faktorisasi
Jawab
: 4= 1 x 2 x 2 x
4 {Faktorisasi}
8= 1 x 2 x 4 x
8 {Faktorisasi}
Dilihat dari pembahasan tersebut terdapat dua angka
yang sama, yaitu 2 dan 4.
Maka KPK dari 4
dan 8 adalah 2
dan FPB dari 4 dan 8 adalah 4.
2. Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Percaya Diri
|
Santun
|
Kerjasama
|
|||||||||
1
|
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Berilah
tanda ceklis (√) pada kolom kemampuan peserta didik.
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
3.
Penilaian
Psikomotor
Berilah
tanda (√) pada kolom dibawah ini !
No
|
Nama
|
Komponen
|
Belum menguasai
|
Cukup
|
Sudah menguasai
|
|
|
1. Siswa mampu menentukan KPK
dari 4 dan 8.
2. Siswa mampu menggunakan alat peraga yang disediakan
|
|
|
|
Serang, Oktober 2015
Mengetahui,
Kepala
SDN Kragilan 1
JAMHURI, S.Pd,
MM
NIP
: 196504261988031008
|
Guru Metematika
Jamilatul Afiah
NIM : 2227130758
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar